Kamis, 20 September 2012

Misteri Ritual di dekat Pantai Parangtritis

Pantai nyi roro kidul
Indahnya  sisi bibir pantai parangtritis

Sebenarnya, di alam ini, secara tidak kita sadari, kita memiliki 2 dimensi alam dan waktu yang saling bertolak belakang. Pada saat pagi sampai hari, adalah saatnya manusia beraktifitas, dan sebaliknya pada saat sore hari dan sampai menjelang pagi, adalah saatnya untuk para roh beraktifitas.
Supranatural indonesia
Ritual melabuhkan sajen ke laut di pantai parang tritis

Pada saat malam jumat kliwon, adalah malam special bagi semua roh yang ada di muka bumi ini. Dan kesatuan dari 2 alam tersebut sangat terlihat saat malam jumat kliwon di daerah sekitar pantai parangtritis. Di sana setiap malam jumat kliwon, mulai dari tengah malam sampai menjelang pagi, terdapat pasar malam yang didatangi oleh berbagai kalangan dan berbagai aktifitas pula.
Ritual sesajen
Adat Ritual di pantai Parang Tritis

Saat memasuki pasar, kita bisa melihat banyak kelompok manusia, namun kebanyakan yang saya temui adalah orang-orang yang berjalan dengan tatapan kosong, dengan wjah tanpa ekspresi layaknya zombie. Namun ada juga banyak orang yang berjualan menjajakan barang dagangannya, ada pula orang-orang yang khusus datang untuk melakukan ritual-ritual tertentu, semacam ritual pesugihan dan sebagainya. Di sana terdapat pula acara pagelaran wayang sampai subuh.
Pantai mistik
Ritual Biksu di Pantai Parangtritis


Ditengah-tengah tempat tersebut, terdapat suatu area untuk membakar dupa bagi yang menginginkan bantuan dari roh. Tempat itu dipagari oleh pegar kecil, dan tidak sembarang orang yang dapat mendekati lingkungan itu. Konon katanya, bila ingin meminta sesuatu harus bernazar dahulu, lalu embakar dupa. Syaratnya harus percaya dan bukan untuk ajang coba-coba. Kebanyakan yang datang menjanjikan untuk mengadakan pagelaran wayang, karena memang acara pagelaran wayang sangat disukai oleh roh yang menghuni tempat tersebut.
Misteri pantai parang tritis
Artis Indonesia menjalani ritual di Pantai Parang Tritis

Namun adapula yang datang kesana khusus untuk menghirup aroma dupa yang dibakar, karena aromanya dapat menegarkan tubuh orang dari golongan tertentu. Dan benar saja saat saya menyentuh orang yang sedang menghirup aroma dupa tersebut, terasalah seperti ada aliran energi yang memasuki tubuh orang itu tersebut. Dan memang saat menjejakkan kaki di sana, suasana yang sangat mistis sangat terasa, dan memang bisa mendapatkan energi lebih untuk beberapa orang tertentu saja.