Kamis, 20 September 2012

Misteri Pusaka Keris


keris kolektor
Keris koleksi
Keris adalah senjata dari jaman dahulu yang digunakan pararaja-raja yang terdahulu. Keris merupakan salah satu peningalan sejarah yang sangat berharga dan original asli dari Indonesia. Keris memiliki bentuk yang khas dan sangatlah mudah untuk membedakan antara keris dan senjata tradisional lainnya.Bentuknya cenderung tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, dan seringkali bentuknya berkelok-kelok, dan banyak pula di antaranya yang memiliki serat-serat lapisan logam yang cerah yang terdapat pada helai bilah.

Keris diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Biasanya hanya keturunan kaum keraton yang memilikinya. Biasanya yang diberi wewenang untuk mempunyai keris adalah para keturunan Empu, Raden, Sultan, dan keturunan Keraton yang lain. Dan keris pusaka milik keraton, yang berada di Yogyakarta maupun di Surakarta, pada umumnya adalah jenis keris tayuhan.Keris tayuhan adalah keris yang dalam pembuatannya lebih mengedepankan soal tuah, pemilihan bahan besi, dan pembuatan pamornya. Keris-keris semacam itu biasanya mempunyai kesan wingit, seram , dan juga memancarkan aura untuk lebih dihormati oleh orang lain..
keris pusaka adalah
Keterangan sebuah keris

Konon katanya, yang menghuni Keris itu sendiri adalah kaum Raja-raja yang sudah terdahulu, seperti Raja-raja Majapahit, Sriwijaya dan lain sebagainnya. Biasanya keris setiap kurun waktu tertentu diberi sesaji berupa kembang 7 rupa yang selalu rajin diganti

keris budaya bangsa
mengenal bagian dari keris
Biasanya keris mempunyai keindahan tersendiri. Keris dibuat oleh seorang empu, karena, seorang empu,adalah orang-orang yang mempunyai kepekaan akan keindahan yang berselera tinggi. Tidak heran bahwa keris biasanya terlihat sangat mewah dan berharga yang tinggi pula, namun tetap banyak diminati oleh para kolektor.