Selasa, 25 September 2012

Legenda Puteri Duyung



Putri duyung yang cantik menawan hati
Mistikal putri duyung
     Puteri duyung adalah suatu makhluk yang tinggal berada di air yang mempunyai kepala dan tubuh seperti seorang perempuan biasa, namun ia memiliki ekor seperti ikan. Konon ada juga yang menyebutkan bahwa puteri duyung hidup di dasar laut. Ia tadinya adalah seorang puteri yang kemudian dikutuk oleh keluarganya karena melakukan kesalahan. Lalu dia diubah menjadi sosok manusia yang memiliki tubuh seperti ikan, yakni, kakinya berubah menjadi sirip ikan.

Dalam mitos yang berasal dari Yunani, ikan duyung dikabarkan selalu berusaha menggoda para pelaut yang berlayar melewatinya. Dan siapapun yang tergoda kemudian akan mati begitu saja dengan mudah.. Konon, katanya, masyarakat Babilonia juga menyembah puteri duyung jantan yang lebih dikenal dengan Oannes

Adapun berbeda cerita pula dangan yang diceritakan oleh penduduk dari Assyria. Legenda itu menceritakan tentang Dewi Atargatis, yang merupakan Ibu dari ratu Assyria,. Konon katanya Dewi Atargatis telah jatuh cintya kepada seorang gembala tampan, tetapi memiliki karakter yang sangat buruk dan kejam. Suatu ketika, pemuda itu kesal lalu kemudian pemuda itu membunuhnya untuk melampiaskan amarahnya.




Karena malu oleh kisah cintanya yang buruk dan mengenaskan itu,lalu ia terjun begitu saja ke dalam danau unuk berubah menjadi ikan untuk menutupi rasa malunya itu. Namun, karena ia masih mempunyai kekuatan sebagai Dewi, ia tidak bisa berubah sepenuhnya menjadi ikan, melainkan setengah badannya saja yang berubah menjadi sirip ikan.



Berbeda pula dengan Legenda yang berasal dariYunani. Disana menyebutkan bahwa puteri duyung sebenarnya adalah Thessalonike, adik Alexander Agung yang berubah menjadi puteri duyung setelah meninggal dunia karena sakit. Lalu, ia hidup sebagai puteri duyung di laut Aegea, yang selau bertanya-tanya tentang kakaknya yang sangat ia sayangi selama hidupnya.



Setiap ada pelaut yang melintas, ia akan menanyakan satu kalimat kepada pelaut tersebut. Dia akan bertanya seperti ini: Apakah Alexander Agung masih hidup?. Dan jika ia bertanya seperti itu, maka Anda harus menjawabnya seperti ini: Ya, Dia masih hidup dan masih memerintah sampai saat ini.Dan bila Anda tidak menjawab seperti itu, maka ia perlahan-lahan akan berubah menjadi monster laut dan kemudian membunuh pelaut tersebut karena kesal.