Kamis, 20 September 2012

Misteri Nyi Roro Kidul

Di negara ini, siapa sih yang tidak pernah mendengar nama Nyi Roro Kidul ?
Ratu Pantai Selatan
Lukisan Nyi Roro Kidul

 Nyi Roro kidul sebenarnya adalah penghuni dari wilayah pantai selatan. Nyi Roro Kidul terkadang bisa berwujud sebagai wanita cantik yang mengenakan selendang berwarna hijau dan mengenakan mahkota di kepalanya. Sedangkan sosok aslinya adalah ular yang berwarna hijau besar, dan terkadang pila dapat berwujud sebagai manusia berbadan ular.
Penghuni Pantai Selatan
Nyi Roro Kidul Berkuda

Nyi Roro Kidul berdiam di pantai selatan. Bahkan masyarakat setempat menganggap bahwa pantai selatan adalah istananya Nyi Roro Kidul. Karena itu pula masyarakat pedesaan yang bermukim di dekat panyai terkadang mengadakan ritual di pantai tersebut untuk menghormati dan meminta keselamatan.

Konon katanya, Lukisan Nyi Roro Kidul didiami sendiri oleh sosok Nyi Roro Kidul itu sendiri. Karena sebenarnya secara tidak langsung, dirinya merasa terpanggil oleh lukisan tersebut. Bahkan lukisan yang menggambarkan Nyi Roro Kidul sendiri memiliki mitos tertentu. Dan mungkin juga hal inilah yang menyebabkan tercetusnya ide untuk menyediakan kamar khusus bagi Nyi Roro Kidul di beberapa hotel.

Misteri Nyi Roro Kidul
Nyi Roro Kidul Diatas Purnama
Biasanya, dalam ruangan ini didekor khusus dengan tema berwarna hijau dan diberi hiasan-hiasan. Kamar ini tidak hanya dibersihkan dan dirawat setiap hari, namun ternyata diberi suguhan pula setiap hari, namun memang sengaja tidak untuk dihuni dan khusus hanya dipersembahkan bagi Nyi Ratu Kidul.

Di luar sana, ternyata banyak wanita yang ingin mempunyai daya pengasihan seperti Nyi Roro Kidul. Konon katanya, jika seorang wanita melakukan ritual mandi kembang 7 rupa di pantai selatan, dipercaya ia akan memiliki aura yang kuat dan semakin dipuja oleh kaum adam, dikagumi dan dicintai semua lelaki. Dan juga akan mendapatkan semacam batu kristal atau permata yang berasal dari dalam lautan. Selain itu, ritual yang wajib dilakukan seorang wanita bila ingin mempunyai aura yang semakin tajam, maka ia wajib mengkosumsi bunga melati, seperti yang pernah dilakukan oleh artis legendaris alm Suzzana.

Nyi Roro Kidul akan sangat marah apabila pantai yang notabenenya adalah kediamannya dikotori oleh manusia. Mungkin inilah salah satu jawaban dari misteri alasan mengapa beberapa manusia hanyut dan hilang di pantai selatan. Dan ada pula yang menyatakan bahwa, siapa saja yang mengenakan pakaian berwarna hijau, akan langsung ditelan oleh arus laut pantai selatan.

Dan salah satu rahasia Nyi Roro Kidul adalah, Nyi Roro Kidul mendambakan seorang pria yang tampan dan rupawan. Ia memiliki selera yang tinggi, dan juga Ia sangat suka dengan lelaki yang baik hati. Mungkin kriteria ini adalah yang Ia tentukan untuk menjadi pengikutnya.