Jumat, 28 September 2012

Danau Tua Mistik Purbakala di Daerah Candi Borobudur


   
    Candi borobudur, sampai saat ini masih saja menjadi misteri dan menyimpan banyak pertanyaan yang tak dapat terpecahkan. menurut legenda yang berasal dari pulau Jawa, sebenarnya Candi Borobudur adalah sebuah danau purba. Borobudur sendiri, dibangun dengan melambangkan sebuah bunga teratai yang mengapung di atas permukaan air danau yang tenang.

    Banyak yang masihbertanya tanya bagaimana cara Candi Borobudur itu sendiri dibangun. Bagaimanakah cara mereka orang purbakala mengumpilkan material batu-batu sebesar itu dan menyusunnya dengan tatanan dan arsitektur yang sangat mengagumkan hanya dengan benda-benda tradisional tanpa sentuhan bantuan teknologi sedikitpun ?

    Ada juga yang kemudian bertanya-tanya dan berandai-andai, apakah material itu berasal dari letusan gunung Merapi ?  Dan bagaimanakah cara orang yang menciptakannya memahat batu-batu sebesar itu dan sebanyak itu dengan hasil yang semuanya sama persis dan sangat teratur ?

    Candi Borobudur pun terletak di atas bukit, yang dikelilingi oleh dua buah gunung kembar, yakni; Gunung  Sindoro-Sumbing dan Gunung Merbabu-Merapi. Dan sementara candi-candi yang lain dibangun berada di tanah yang datar. Apakah ada arti tersembunyi dari simbol ini ?

    Menerut penelitian, pernah ada bencana Letusan Merapi pada tahun 1006.  Dan letusan maut ini menyebabkan mengeringnya danau Borobudur, dan sejak itu danau itu menjadi lenyap dari sejarah, karena letusan itu mengubur seluruh permukaan Candi Borobudur secara total .

    Dan fakta mengenai kejadian tersebut kemudian didukung oleh ditemukannya beberapa sumur yang memiliki air yang asin. Dan banyak sekali ilmuwan darimancanegara berbondong-bondong mendatangi Candi Borobudur dan berharap dapat menemukan suatu petunjuk tentang danau ini maupun tentang bagaimana terciptanya candi Borobudur ini.

    Sejak saat itu, kemudian candi itu dipadati oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan yang fantastis, yang menyimpan banyak misteri ini. Masih banyak orang yang berdecak kagum dan bertanya-tanya mengenai hal ini. Dan mungkin, rahasia ini tak akan pernah terungkap, dan dianggap bahwa iilah bukti dari kebesaran Tuhan yang tidak dapat kita mengerti, namun dapat kita resapi bahwa itulah kedahsyatan Tuhan yang nyata.