Kamis, 01 Agustus 2013

Berbagai Makhluk Mitologi Mistik bagi Umat Hindu di Bali



 Pada kawasan Bali, daerah ini didiami oleh sebagian besar umat Hindu. Umat Hindu ini merupakan umat yang paling kental dalam kemistikannya dan juga mempunyai power dalam dunia ghaib yang cukup kuat. Lalu, apa aja sih berbagai makhluk mistik mitologi bagi para Umat Hindu di Bali ? Check it out !

1. Jatayu

Jatayu merupakan seorang putra dari Sang Aruna dan merupakan kepoonakan dari sang Garuda. Jatayu ini memiliki sosok sebagai burung. Di dalam mitos kuno, Jatayu ini merupakan saksi yang melihat Dewi Sita yang sedang diculik Rahwana. Saat ia hendak menolong, sayangnya ia berhasil dikalahkan oleh Rahwana. Namun dalam keadaan sekarat sebelum ia menemui ajalnya, ia berhasil melaporkan kejadian tersebut kepada sang Sri Rama bila istrinya telah diculik.

2. Airawata

Dalam mitologi Hindu kuno, airawata adalah Wahana Dewa Indra yang merupakan seekor gajah putih. Airawata ini adalah seorang putera dari Irawati yang merupakan salah satu dari Puteri Daksa. Dalam mitologi Hindu, Airawata ini digambarkan dengan sosok gajah yang ditunggangi oleh Dewa indra untuk menumpas kejahatan dengan senjata Bajra. Sosok Airawata ini dikenal sebagai sosok gajah yang menjaga alam semesta dalam mitologi Hindu.

3. Barong

Barong ini merupakan tokoh yang paling terkenal dalam cerita Bali. Barong adalah raja dari makhluk-maklhuk yang melambangkan kebaikan. Ia juga dikenal sebagai roh pelindung yang digerakkan oleh Banas Pati. Banas Pati sendiri adalah roh yang bertugas untuk mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Barong ini sendiri mempunyai musuh yang bernama Rangda yang gemar menimbulkan huru hara.

4. Asura

Dalam mitologi Hindu, Asura ini adalah seorang Dewa yang memiliki sosok sebagai raksasa yang jahat. Asura ini memiliki karakter negatif, yaitu sering memusuhi para Dewa lainnya meskipun dirinya sendiri sebenarnya adalah seorang Dewa.

5. Buto Ijo

Buto Ijo ini merupakan sosok makhluk jin raksasa yang menyeramkan dan memiliki tubuh yang berwarna hijau. Sosok ini makin menyeramkan dengan penampilannya yang memiliki taring yang besar dan tajam.
Buto ijo ini suka menculik anak-anak, khususnya para balita untuk dijadikan mainan anak-anaknya dan juga dijadikan sebagai. Udak untuk memijat tubuhnya yang besar itu. Setelah bosan dengan mereka, biasanya anak-anak tersebut akan dijadikan sebagai tumbal atau justru dimakan olehnya. Untuk menangkal kedatangannya, biasanya para masyarakat menggunakan bambu kuning yang diuntai menjadi sebuah kalung yang dikalungkan dileher atau dibawa oleh anak-anak mereka.

6. Batara Kala

Batara Kala adalah seorang Putera Dewi Siwa yang mempunyai gelar sebagai sang penguasa waktu. Batara kala ini digambarkan sebagai sesosok raksasa yang menyeramkan yang bertugas untuk menjemput seseorang yang hendak meninggal. Batara Kala ini adalah seorang dewa yang menyimbolkan bahwa siapapun tidak dapat melawan hukum karma, yaitu kematian.

7. Dewi Sri

Dewi Sri merupakan seorang dewi yang menjaga kesuburan pertanian, padi, dan juga tanah. Dewi Sri merupakan Dewi Kesuburan yang dipuja oleh masyarakat Jawa dan Bali sejak masa Pra- Hindu dan Pra-Islam yang ada di pulau Jawa.

8. Kala Rau

Kala rau merupakan sosok setan yang mempunyai sosok Kepala tanpa badan. Menurut sejarah ia dipenggal karena mencuri minuman dari Tirta Amertha yang merupakan air minum khusus bagi para dewa dan dewi yang dapat menjadikan setan tersebut menjadi abadi. Karena ketahuan mencuri air tersebut ia kemudian dipenggal, namun tetap hidup karena sempat meminum air Tirta Amertha.