Kamis, 01 Agustus 2013

Mitologi Vampire Pengisap Darah


Vampir adalah sejenis makhluk yang hidup dengan cara menghisap darah manusia dan atau bahkan hewan sekalipun. Vampir telah ada selama beberapa abad silam, namun, keberadaan Vampir ini baru mulai dipercaya dan ditakuti sejak abad ke-11 silam. Makhluk ini menjadi begitu ditakuti karena makhluk ini merupakan bangsa makhluk yang selalu berevolusi dan hidup abadi. Namun, tentunya makhluk ini tidak begitu saja muncul dan ditangkap dengan mudah di hadapan manusia.



Menurut mitos masa lalu, cerita yang berkembang pada Abad ke-11, orang yang melakukan bunuh diri dan orang-orang yang dikucilkan di dalam gereja akan berubah menjadi Vampir. Mitos ini kemudian tidak pernah berhenti namun semakin berkembang setiap abadnya yang membuat para masyarakat semakin ketakutan dengannya.



Pada abad ke-18 para masyarakat di Eropa Tenggara percaya bahwa ada Vampir yang sedang berkeliaran mencari darah manusia untuk dijadikan sebagai mangsa. Kepercayaan ini membuat sejumlah orang menjadi ketakutan dan mengeksekusi beberapa orang yang tertuduh hingga mati. Mereka juga mempercayai bahwa vampir ini adalah reinkarnasi dari penyihir yang berbahaya yang hidup di masa lalu.



Berikut adalah berbagai mitos yang beredar mengenai Vampir:



1. Cermin



Para Vampir dipercaya tidak dapat terlihat bayangannya atau melihat bayangannya sendiri di cermin. Mitos ini adalah salah, karena ada fakta yang menyebutkan bahwa mereka dapat terlihat di cermin, namun tidak menyukai pantulan sosok yang terlihat di cermin tersebut.



2. Darah



Para masyarakat beranggapan bahwa vampir mengkonsumsi darah untuk membuat mereka tetap segar dan mendapatkan energi baru secara cepat ketika mereka meminum darah. Inilah sebabnya para masyarakat begidik ketakutan karena takut darahnya dihisap sampai mati.



3. Malam Hari



Ada fakta yang menyebutkan bahwa Vampir adalah makhluk yang akan muncul pada malam hari dan akan tidur pada siang hari. Hal ini masih sering diperdebatkan karena vampir sebenarnya merupakan makhluk abadi yang tidak perlu tidur



4. Awet Muda



Vampir dipercaya sebagai makhluk yang abadi dan juga awet muda. Padahal nyatanya hidup abadi sangat jauh dengan kenyataan awet muda. Namun fakta yang lebih mudah diterima adalah bahwa mereka adalah makhluk yang panjang umur



5. Taring



Vampir selalu digambarkan dengan makluk yang mempunyau taring bak kelelawar yang tidak bisa tidur di malam hari. Mitos ini membuatnya semakin absurd karena sebenarnya adalah vampir tidak perlu berubah wujud menjadi kelelawar, dan bahkan tidak perlu tidur.



6. Cahaya Matahari



Mitos tentang Vampir yang tidak tahan dengan cahaya matahari karena sensitif terhadap matahari atau bahkan terbakar karenanya adalah fakta yang meragukan. Karena faktanya adalah mereka tidak tahan dengan matahari karena jenis mata mereka yang berbeda. Mereka hanya akan ketakutan setengah mati terhadap matahari yang mengakibatkan mereka terlihat seperti epilepsi, tapi tidak membakar atau bahkan membuat mereka menjadi abu.



7. Vampir dapat terbang ?



Vanpir yang dapat terbang adalah suatu mitos fiksi yang dihasilkan oleh media yang ada. Sebenarnya, konon para vampir ini memang mempunyai kekuatan yang melebihi manusia biasa. Yang bisa mereka lakukan adalah lompat jauh ala ninja, yang dapat membawa mereka berpindah-pindah secara cepat dan membuat mereka melompat tinggi dan bukan terbang. Fakta lainnya adalah vampir tidak bisa berenang.



8. Salib dan Benda-Benda suci Pengusir vampir



Ini merupakan mitos bodoh yang paling populer. Padahal nyatanya salib, rosario, air suci tidak dapat digunakan untuk mengusir vampir. Karena yang menjadi penentunya adalah iman sang pemegang benda tersebut, bukan bendanya. Benda itu hanyalah sebagai media saja.