Kamis, 01 Agustus 2013

Mitologi Legenda Werewolf (Manusia Serigala)


Wererolf atau manusia serigala ini merupakan makhluk mistik kuno yang berasal dari kawasan Eropa. Makluk ini memiliki bentuk sebagai sesosok monster yang memiliki wujud setengah manusia dan setengah serigala. Manusia Serigala ini akan berubah wujud pada saat bulan purnama tiba. Pada saat itulah kekuatannya akan mencapai puncaknya dan mereka akan asyik berburu darah manusia sebagai makanannya. Bahkan siapa saja yang terkena cakaran atau gigitannya ia akan menjadi salah satu Manusia Serigala yang baru. Manusia Serigala ini konon hanya bisa dikalahkan dengan peluru perak.



Manusia Serigala ini juga sering disebut dengan istilah Likan atau juga Likantrof. Namun tahukah Anda, ternyata Manusia Serigala ini kemudian menyebar hampir ke berbagai penjuru dunia ? Berikut adalah beberapa versi cerita Manusia Serigala yang paling terkenal di beberapa negara.



1. Polandia



Menurut Sejarawan ada beberapa penduduk yang berasal dari Polandia dan daerah Lituania yang dapat merubah dirinya sebagai sosok serigala selama beberapa hari dalam kurun waktu satu tahun saja. Pada saat mereka berubah wujud, mereka akan berubah menjadi sosok serigala hitam yang menyeramkan dan mencari mangsa manusia. Namun, kejadian ini terjadi pada sekitar 2400 tahun yang lalu saja.



2. Kaisar Nero



Pada masa Kaisar Nero, kejadian manusia serigala dijadikan sebuah cerita hiburan yang disajikan untuk amak-anak. Cerita Manusia Serigala ini dipelopori eleh penulis yang bernama Virgil, yang kemudian disusul dengan beberapa penulis lainnya. Pada jaman ini juga para Sastrawan banyak yang menggunakan nama Manusia Serigala pada karya sastra mereka. Namun sayangnya penulis lainnya mengembangkan cerita Manusia Serigala yang ada dengan berbagai unsur fiksi lainnya.



3. Tradisi Yunani



Menurut Tradisi dalam masyarakat Yunani, Manusia Serigala adalah manusia yang memperoleh kutukan dari sang Dewa kepada manusia yang pernah mempersembahkan manusia pada ritual kepercayaan yang dilakukan olehnya.



Namun sayangnya menginjak abad ke 18 kisah manusia Serigala ini menjadi suatu trend cerita dalam masyarakat. Cerita yang beredar di masyarakat kemudian dikembangkan dan banyak dianggap sebagai cerita fiksi daripada cerita nyata.



4. Para Dukun



Menurut sejarah yang beredar, para dukun pada jaman dahulu menggunakan suatu ilmu hitam untuk mengubah tubuhnya menjadi serigala demgan tujuan mencarai makanan. Namun, kemudian cara ini bergeser menjadi ritual yang dilakukan untuk menakuti para musuh atau melakukan santet dengan media wujud serigala tersebut.



Namun, ternyata Manusia Serigala sendiri mempunyai beberapa jenis yang dapat dikelompokkan. Jenis-jenis manusia serigala ini dikelompokkan menjadi 3 kelompok yang ada.



Jenis-jenis Manusia Serigala itu adalah:



1. Manusia Serigala Keturunan



Manusia Serigala jenis ini adalah jenis Manusia yang ada karena kutukan yang diterima secara turun temurun. Biasanya kutukan ini diterima oleh nenek moyangnya yang menurun kepada anak cucunya yang tidak bisa dihindari ataupun dihilangkan.



2. Manusia Serigala untuk Ilmu Hitam



Biasanya hal ini dilakukan bagi mereka yang mempelajari ilmu hotam dengan tujuan yang negatif. Biasanya mereka melakukan ini untuk menakuti musuh atau sebagai media baginya untuk melakukan berbagai aktifitas kejahatan.



3. Manusia Serigala Kutukan



Manusia Serigala jenis ini adalah manusia serigala yang terkena suatu kutukan dari keadaan tertentu. Namun dalam jenis ini Manusia Serigala ini merupakan Manusia Serigala yang baik hati yang justru menjauhkan dirinya dari keramaian dan pemukiman penduduk dan tidak mau menyakiti orang lain.