Sabtu, 04 Mei 2013

Kanjeng Ratu Kidul

         


 Mungkin masih sebagian besar orang ada yang masih belum bisa membedakan antara Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul. Mereka adalah dua pribadi yang sangat berbeda dan bertolak belakang, namun sana-sama menjaga kawasan Pantai Selatan. Di pantai Selatan, Kanjeng Ratu Kidul adalah penguasa mutlak yang berwujud ratu yang berkebaya warna hijau yang berparas cantik dan memiliki kebaikan hati yang tinggi. Ia juga disebut sebagai jin aliran putih atau jin yang baik.

              Kanjeng Ratu Kidul ini mempunyai pelayan setia yang bernama Nyi Roro Kidul yang juga memiliki paras yang cantik yang merupakan seorang titisan putri yang dari kerajaan Pajajaran yang menceburkan dirinya ke laut untuk mendapatkan kesembuhan. Nyi Roro kidul ini dipercaya oleh sebagian orang sebagai pembawa petaka dan gemar berbuat jahat yang mungkin karena diakibatkan dendamnya di masa lalu. Dan karakter antara Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul ini sangat jauh berbeda dan bahkan bertolak belakang.

         Kanjeng Ratu Kidul ini dikenal oleh sebagian orang sebagai pribadi yang sangat baik dan disayangi semua orang yang pernah bertemu dengannya. Kanjeng ratu kidul ini senang memberi nasehat yang baik bagi orang-orang terpilih yang dapat melihat sosoknya. Kanjeng ratu kidul juga merupakan sosok yang keibuan yang membuat sebagian besar orang yang telah bertemu dengan beliau merasa kagum dan sayang. Serta Kanjeng Ratu Kidul ini juga akan mengangkat beberapa orang yang disukainya menjadi anak.



Kanjeng ratu kidul ini sangat gemar akan warna hijau. Warna hijau sendiri juga dilambangkan sebagai tanda kerajaan neliau yang berada di bawah laut. Jadi sebaiknya Anda tidak menggunakan baju berwarna hijau di sekitar pantai selatan dan daerah yang dikuasainya agar tidak membuatnya geram. Karena kanjeng Ratu dan Nyi roro kidul tidak suka bila ada yang berpakaian berwarna hijuan di sekitarnya. Dan bila ada yang menentang aturan ini, beliau akan menenggelamkannya dan mengambilnya sebagai pengikutnya di istananya.

           Sosok Kanjeng Ratu Kidul ini sangat populer di masyarakat ini, baik para masyarakat Jawa, maupun para masyarakat luar Jawa. Para abdi dalem Keraton pun rutin untuk sowan dan memberikan sesaji kepada sang ratu.  Para masyarakat percaya bahwa sang Ratu merupakan sosok panutan yang baik. Karena Kanjeng ratu Kidul selalu memberi pesan agar berbuat baik dan juga agar kita selalu ingat dan berdoa kepada Tuhan.



         Kanjeng Ratu Kidul juga dianggap sebagai "istri spiritual" oleh para raja-raja keraton Jogja. Bahkan pemilik hotel yang berada di kawasan antara Jogja-Bali  memberikan ruang khusus yang disediakan bagi Ratu Kidul yang terletak pada Hotel Grand Bali Beach yang terletak pada nomor 327 dan 2401. Kamar hotel ini selalu dirawat dan ditata dengan baikn serta tak lupa selalu diberikan sesaji untuk menghormati sang Ratu.